Mari Mem-Babi Guling di Bali

Share:
Babi Guling di Pasar Gianyar

Bicara soal makan di Bali, pasti yang nggak akan absen terlintas adalah babi. Tepatnya babi guling. Sebagai pecinta Babi, salah satu kegemaran saya adalah mencicipi babi guling dari berbagai lokasi. Meski belum mencakup semua tempat, ini beberapa tempat yang masuk di daftar saya:




  • Babi Guling Ibu Oka, Ubud. Bagi banyak orang, babi guling identik dengan babi guling Ibu Oka. Entah mengapa, tempat ini sangat disukai, sehingga sekarang selain tempat asli di dekat Ubud Palace, Ibu Oka membuka cabang di Teges / Peliatan.
  • Babi Guling Pasar Gianyar. Alternatif bagi mereka yang anti-mainstream dan ogah mengunjungi tempat makan yang telah bersifat turistik seperti Ibu Oka, bisa mengunjungi Gianyar, di pasar senggol banyak kios yang berjualan babi guling. Atau bisa ke bale banjar dekat lapangan Gianyar, di pojokan jalan, yang fotonya saya pajang di artikel ini.
  • Babi Guling Dobiel, Nusa Dua. Bagi yang mengunjungi area Nusa Dua, Dobiel sangat terkenal. Agak susah parkir karena jalanannya pas-pasan buat dua mobil, tapi nggak bakal nyesel ngantri berpanas-panasan di sini, karena endes bangetlah cyin. Menjelang jam dua siang, seringkali babi gulingnya sudah habis saking larisnya.
  • Babi Guling Bakas, By Pass Nusa Dua. Masih di area Nusa Dua, Babi Guling Bakas terlihat selalu ramai pengunjung. Saya sih nggak rekomen tempat ini karena mahal, satu porsi 60ribuan dengan porsi sedang mendekati kecil, dan karena pengunjung mayoritas turis, babi guling di sini sudah agak dimodifikasi. Baru kali itu saya mendapati babi guling dengan tambahan item 'bacon'. Iya, bacon yang renyah dan enak, tapi aneh aja rasanya ada babi guling dengan bacon.
  • Babi Guling Men Suka, Jalan Dewi Sri, Kuta. Kalau di daerah Kuta, tepatnya di Jalan Dewi Sri, di seberang hotel Grand Kuta, ada warung Men Suka yang lumayan ramai pas jam makan siang. Maklum, harganya mursida bok. Dan rasanya okelah.
  • Babi Guling Candra, Denpasar. Nah, kalau di Ubud Ibu Oka meratui, di Denpasar Babi Guling Candra ini yang jadi rajanya. Selalu ramai, oleh turis-turis lokal maupun manca. Harga nggak semahal Bakas, berkisar 30-40ribuan. 
Sementara cukup itu dulu di daftar saya. Masuk ke waiting list untuk saya kunjungi adalah: Babi Guling Malen di Sunset Road (susah parkir mobil cyiiin), Babi Guling Sanur (entah namanya apa), dan banyak lagi tempat yang masih harus saya kunjungi.

Bagaimana, siapkah Anda membabi hari ini?

No comments